OPTIMASI BAURAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLEK ( STUDI KASUS PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA GITREK SINGKONG SAWARGI DI DESA CISALAK KECAMATAN CISALAK KABUPATEN SUBANG)
Deden Abdul Wahab dan Arlis Pusfita Dhewi

Abstrak

Optimasi Bauran Produk Dengan Menggunakan Metode Simpleks (Studi Kasus Pada Industri Rumah Tangga Gitrek Sawargi Di Desa Cisalak Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang).

Industri Rumah Tangga (IRT) Gitrek Sawargi adalah sebuah perusahaan yang berskala kecil atau home industri yang bergerak dalam usaha yang memproduksi makanan ringan. Macam dari produk tersebut adalah gitrek rasa asin dan gitrek rasa pedas. Kedua jenis produk inilah yang dijadikan subjek penelitian.

Masalah yang dihadapi dalam proses produksi pembuatan produk tersebut adalah merencanakan produk yang tepat dengan menggunakan seluruh sumber daya yang ada dalam setiap tahapan produksi. Oleh karena itu gitrek singkong sawargi sangat diperlukan adanya penentuan optimasi bauran produk yang dihasilkan. Berdasarkan masalah tersebut maka penulis melakukan penelitian mengenai optimasi bauran produk dengan menggunakan metode simpleks.

Model yang digunakan untuk menentukan masalah diatas adalah program liniear dengan menggunakan metode simpleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor produksi apa saja yang digunakan untuk menghasilkan produk industri rumah tangga gitrek singkong dan untuk mengetahui optimasi bauran produk dengan menggunkan metode simpleks.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian operasional dimana pada penelitian operasional pusat perhatian adalah variabel – variabel yang berkaitan dengan aspek operasional suatu program setelah diidentifikasi hambatan – hambatan operasional, penelitian dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa untuk menghasilkan produk yang berkualitas maka harus menggunakan faktor – faktor produksi yang tepat. Adapun faktor – faktor produksi untuk menghasilkan gitrek singkong antara lain money, man, material, method, machine. Sedangkan untuk mencapai optimasi bauran produk harus menggunakan metode simpleks agar hasil yang didapat mencapai optimal.

Hasil produksi yang diperoleh gitrek singkong sawargi dengan total penjualan mencapai Rp 400.000,- dari 100 bungkus setiap harinya dengan kombinasi produk gitrek asin sebesar 60 bungkus dan gitrek pedas sebesar 40 bungkus. Sedangkan hasil produksi yang diperoleh industri rumah tangga gitrek sawargi jika menggunakan metode simpleks yaitu sebesar 250 dengan kombinasi produk gitrek asin sebesar 150 bungkus dan gitrek pedas sebesat 100 bungkus dengan total penjualan mencapai Rp 1.000.000,- .

 

Kata Kunci: Bauran Produk, Metode Simplek
 



  Masukan Nama Dosen Ke Input Pencarian.









  Nama Dosen ''-'' Tidak Ditemukan. Kembali Ke Index Print URL



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT STIE Sutaatmadja | Login